Total Tayangan

Selasa, 11 Februari 2014

MATERI UJIAN PRAKTIK TIK IX ( VII - II )

Kali ini saya akan membahas tentang software, ya.. itung-itung ngerjain tugas. hehehe...
Copy? sertakan URLnya!

MENGIDENTIFIKASI BERBAGAI PERANGKAT LUNAK APLIKASI
A. Definisi Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak computer yang berguna untuk melaksanakan apa yang ingin dilakukan pengguna.
Umumnya perangkat lunak aplikasi dirancang untuk membuat pengguna dapat bekerja lebih profuktif. Selain itu perangkat lunak aplikasi juga berguna utuk memandu pengguna dalam melakukan pekerjaan tertentu.
B. Jenis Perangkat Lunak Aplikasi
Pekerjaan di sekitar kita yang dapat dikerjakan dengan bantuan komputer sangat banyak. Hal ini membuat banyak pula perangkat lunak aplikasi yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pekerjaan tersebut. Namun pada umumnya perangkat lunak aplikasi dapat digolongkan menjadi beberapa kelompok:
1. Perangkat lunak Aplikasi Bisnis
Perangkat lunak aplikasi bisnis adalah perangkat lunak aplikasi ang membantu kita untuk bekerja lebih efektif dan efisien.
Contoh : Word,Excel,Access,Powerpoint dll
2. Perangkat lunak Aplikasi Grafis dan Multimedia
Perangkat lunak kategori ini berfungsi mengolah masing-masing jenis media seperti foto, ilistrasi, rekaman suara, video, dan animasi.
Contoh : AutoCAD,Photoshop, Flash, Corel Draw dll
3. Petangkat lunak Apikasi Personal atau pendidikan
Dua kategori perangkat lunak aplikasi sebelumnya ditujukan untuk kalangan professional. Selain itu, ada pua perangkat lunak aplikasi personal atau pendidikan yang dibuat untuk lingkup yang lebih kecil. Kategori ini meliputi aplikasi bisnis dan multimedia, namun dengan harga yang lebih murah.
Contoh : Google Earth, WInamp, Windows Media Player, Power DVD dll.
4. Perangkat Lunak Aplikasi Utility
Perangkat lunak aplikasi utility adalah perangkat lunak yang digunakan untuk keperluan mengatur dan menjaga kinerja computer agar tetap stabil dan aman.
Contoh : AVG,Winzip,WInRAR,Nero Burning Room,Windows Explorer dll
5. Perangkat lunak Aplikasi Komunikasi
Perangkat lunak aplikasi komunikasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk memfasilitasi komunikasi pengguna di satu computer dengan computer lain, baik di jaringan local ataupun melalui internet. Bentuk komunikasi ini dapat berupa teks, audio/ video.
Contoh: Yahoo! Massenger,Google Talk,Blogger.com,firefox,Outlook dll.



C. Cara mendapatkan perangkat Lunak Aplikasi
Bagaimana cara mendapatkan perangkat lunak aplikasi? Kamu bias mendapatkan perangkat lunak aplikasi dengan cara membeli di vendor atau perusahaan perwakilan, toko perangkat lunak, atau men-download dari internet.
Namun penggunaan perangkat lunak tidak dapat sembarangan, harus memperhatikan hak ciptanya. Terdapat beberapa jenis perangkat lunak jika didasarkan pada hak ciptanya, yaitu Bersifat Komersial, shareware, Freeware, dan Public domain.
1. Perangkat Lunak Komersial
Perangkat lunak komersial merupakan perangkat lunak yang dibeli dari pembuatnya. Perangkat lunak ini adalah jenis perangkat lunak yang sering di bajak.
Contoh: Sistem Operasi, Word, Excel, Anti Virus.
2. Perangkat lunak Shareware
Perangkat lunak Shareware serupa dengan perangkat lunak komersial, akan tetapi perangkat lunak shareware biasanya diberikan secara gratis dengan suatu syarat tertentu.
Contoh : WinRAR,Antivirus
3. Perangkat lunak Freeware
Perangkat lunak Freeware merupakan prangkat lunak yang bener-benar diberikan secara gratis.
4. Perangkat Lunak Public Domain
Perangkat lunak Public domain adalah perangkat lunak yang benar-benar dapat digunakan secara bebas tanpa ada batasan legal.
Contoh : Linux operating System.
D. Memahami Manfaat dari Beberapa Program Aplikasi
1. Pengolah Kata (word processing)
Setelah Sekian lama pekrjjaan penulisan dibantu dngan mesin tik, kini mesin tik sudah mulai menghilang. Perangkat lunak pengolah kata menawarkan cara baru yang memiliki fungsi beragam untuk pengolahan dokumen.fungsinya mengolah dan mengedit dokumen.
Contoh : MS WORD, Open Office Writer
2. Spreadsheets ( Pengolah angka)
Apa itu spreadsheets? Secara tradisional dan sederhana, Spreadsheet adalah baris dan kolom, diceta pada kertas khusus berwarna hijau muda, yang digunakan untuk memproduksi proyeksi dan laporan keuangan.
Contoh : Excel
3. Browser
Kamu tentunya sudah mengenal Internet dan pernah bertualang ke Word Wide Web. Apakah itu untuk membuka e-mail, masuk de dalam facebook, melihat daftar filem yang sedang tayang, atauhanya sekedar membaca Koran.
Browser adalah Perangkat lunak yang memungkinkan perngguna dapat menuju dan melihat suatu halaman web dan berpindah dari satu halaman ke halaman lain melalui hyperlink.
Contoh browser : Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla Firefox, dan Opera.

sumber:
klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar